Segmen crossover bermesin 1.500 cc belum lama bercokol di Indonesia, namun pasarnya sangat menggembirakan. Kebetulan pemain di sini belum banyak, dan Suzuki SX4 memang pantas disebut rajanya. Bahkan penjualan crossover ini mirip-mirip kelas Compact Hatchback yang notabene lebih dulu populer.
Kesukaan konsumen Indonesia pada SX4 terletak pada beberapa hal. Pertama adalah ground clearance tinggi, 175 mm, dipadu ban besar yang meningkatkan kemampuan menembus berbagai macam medan. SX4 juga memukau dalam hal desain yang unik dan khas.
Wajar saja karena Suzuki membayar desainer kondang Italia, Italdesign, untuk mendesain mobil ini. Belum lagi didukung jaringan servis Suzuki yang tersebar luas di Tanah Air.
Saking banyaknya permintaan, kerap terjadi harga jual bekas SX4 mirip dengan harga barunya. Dan mobil ini memang menjadi ‘hot item’ para pedagang mobil bekas karena sangat mudah terjual kembali.
Bagi Anda yang berminat membeli SX4, tak perlu terlalu pusing akan kondisinya. Selain relatif masih baru, ketangguhan SX4 juga tergolong baik.
History
Suzuki SX4 diperkenalkan ke Indonesia pada 2007, tak lama setelah Swift. Meski bentuknya sangat berbeda dengan saudaranya, sesungguhnya SX4 berbagi basis dan penggerak dengan Swift, termasuk mesin 1.496 cc VVT-nya.
Namun tenaga mesin yang tadinya 110 dk di Jepang, diturun menjadi 100 dk lantaran disesuaikan dengan kondisi bbm di Tanah Air. Apalagi konsumen di Indonesia tetap memerlukan kendaraan yang masih mampu mengkonsumsi bensin Premium.
Pertama kali masuk Indonesia, Suzuki sebetulnya masih mencoba pasar baru ini, makanya mereka hanya memasukkan SX4 dalam kondisi CBU. Namun itu tak menyurutkan minat konsumen untuk membelinya. Bahkan inden SX4 bisa mencapai 6 bulan lebih saat itu, membuat para spekulan menjual SX4 bekas dengan harga sama atau bahkan melebihi unit barunya.
Melihat animo yang begitu tinggi, di kuartal pertama 2008 Suzuki pun memproduksi SX4 di dalam negeri secara CKD. Hebatnya, tidak terjadi penurunan kualitas sama sekali bahkan audio terintegrasinya juga dipertahankan. Malahan, rem belakang yang tadinya teromol diganti cakram pada versi CKD.
Suzuki SX4 versi CKD ini juga berhasil menaklukkan tantangan Trans Sulawesi bersama Auto Bild, yang sekaligus menunjukkan ketangguhannya. Kepercayaan konsumen pun tetap terjaga sehingga penjualan SX4 masih terus menggembirakan.
Selain itu, SX4 juga memperkenalkan varian baru yakni X-Road alias Crossroad. Dibanding varian X-Over yang sama persis dengan versi CBU, Crossroad mengalami pengurangan di beberapa bagian seperti body kit, pelek dan ban berukuran lebih kecil, serta head unit integrated. Sayangnya Crossroad kurang diminati sehingga Suzuki menghentikan produksinya di awal 2010.
Versi facelift baru saja diluncurkan dan memiliki penambahan dan perubahan seperti lampu HID, pelek, dan beberapa bagian di desain interior
SX4 (AUTOMATIC) A/T , harga OTR 216.300.000
SX4 (MANUAL) M/T , harga OTR 205.200.000
untuk info pemesanan dan keterangan mengenai pembiayaan/pengkreditan.
HUB : DIDIAN
HP : 0856-9138-3168
ESIA : 021-9238-3698
PT.BUANA INDOMOBIL TRADA
SUZUKI MOBIL PONDOK INDAH.
jln. Kartika utama kav. V-TA
arteri pondok indah (pondok indah)
0 komentar:
Posting Komentar